Cara Pembuatan Video Iklan Layanan Masyarakat Agar Pesan Tersampaikan

4 Cara Pembuatan Video Iklan Layanan Masyarakat Agar Pesan Tersampaikan

Sebelum era digitalisasi dan smartphone merebak, iklan layanan masyarakat hanya disampaikan melalui poster atau tayangan televisi. Namun seiring kemudahan dan perkembangan internet di Indonesia, iklan layanan masyarakat mulai dikemas dalam bentuk konten media sosial baik milik swasta atau pemerintah.

Agar pesan tetap bisa disampaikan dengan baik, berikut beberapa cara pembuatan video iklan layanan masyarakat yang harus diperhatikan.

  1. Memiliki Pesan yang Jelas

Dibuatnya video iklan layanan masyarakat itu memiliki tiga tujuan. Apa saja ketiga tujuan itu? Memberikan informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk ikut serta melakukannya, dan mengingatkan masyarakat tentang program yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

Agar ketiga tujuan ini bisa dilaksanakan dengan baik, cara pembuatan video iklan layanan masyarakat harus memuat pesan yang disampaikan secara jelas. Misalnya saja kamu ingin menyampaikan pesan bahaya Covid-19. Kamu bisa membuat video dampak dari penyebaran virus Covid-19 yang telah banyak terjadi.

  1. Komposisi Tulisan Dan Gambar yang Proporsional

Sebelum membuat sebuah video, kamu harus mengenali terlebih dahulu karakteristik masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia itu lebih senang melihat gambar daripada membaca tulisan. Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak menggunakan komposisi tulisan daripada gambar. Tujuannya adalah agar viewer  bisa langsung menangkap pesan dari video yang kamu buat tersebut.

  1. Berikan Efek Dramatis

Agar para penonton atau visitor lebih cepat tergugah dan sadar setelah melihat video iklan layanan masyarakat tersebut, kamu bisa menambahkan efek dramatis. Seperti misalnya iklan layanan masyarakat tentang bahaya Covid-19. Dalam video itu kamu bisa memperlihatkan seberapa banyak korban meninggal tiap harinya akibat terinfeksi virus ini. Gunakan efek sedramatis mungkin asal tidak melanggar undang-undang penyiaran.

  1. Tetap Perhatikan Durasi

Sekalipun terlihat sepele, penggunaan durasi video juga mempengaruhi minat para penonton. Video yang terlalu panjang hanya akan membuat penonton cepat bosan. Buatlah video dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Selain itu, gunakan konten paling menarik pada 10 detik pertama. Karena 10 detik pertama adalah waktu penentuan apakah penonton akan meneruskan menonton video atau tidak.

Demikian 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika akan melakukan pembuatan video iklan layanan masyarakat. Lalu, bagaimana jika ingin membuat video layanan masyarakat, tapi tidak tau bagaimana cara pembuatannya? Mudah saja. Kamu bisa meminta bantuan kepada kami VML projects.

VML projects merupakan salah satu jasa pembuatan video iklan layanan masyarakat, fotografi, maupun live streaming yang telah berpengalaman membantu banyak pihak menyelesaikan pembuatan konten-konten media sosialnya. Di sini kamu akan diarahkan mengenai bagaimana cara membuat video iklan pelayanan masyarakat yang tepat sasaran. Mulai dari pemilihan tema, pembuatan video hingga proses editing.

Tunggu apa lagi? Segera selesaikan pembuatan konten media sosialmu bersama VML Projects.

jasa live streaming

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *